Makanan Hijau Hindari Perut Kembung

Senin, 05 Januari 2015 - 06:42 WIB
Makanan Hijau Hindari...
Makanan Hijau Hindari Perut Kembung
A A A
PASTI pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Perut kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan yang dipicu oleh akumulasi dan cairan serta gas di dalam tubuh.

Asupan yang berlebihan garam, makan makanan pedas yang berlebihan, mengkonsumsi minuman berkarbonasi dan makan dengan terlalu cepat tanpa mengunyah yang tepat juga menjadi salah satu faktor perut kembung.

Namun perut kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak, tetapi dari beberapa jenis makanan. Seperti produk susu, kacang-kacangan, pemanis buatan, biji-bijian, kubis, kecambah dan brokoli.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung yang dilansir dari boldsky.

1. Seledri
Tangkai seledri yang memiliki tekstur renyah, dikenal ampuh untuk mengontrol gas yang terdapat di usus. Kehadiran kimia dalam sayuran ini mengurangi retensi cairan. Hal ini juga dapat berguna untuk detoksifikasi yang membantu menghalau racun dari tubuh.

2. Mint
Mint telah dipercaya sejak berabad-abad sebagai daun yang ramah baik untuk perut. Banyak penyakit yang berkaitan dengan perut, dapat diobati dengan mint.

3. Kacang-kacangan dan lentil
Kacang-kacangan memang dapat menimbulkan efek kembung jika dimakan. Namun jika Anda memakan kacang-kacangan berwarna hijau Anda akan mendapatkan efek sebaliknya. Kacang-kacangan tidak hanya dapat memberikan efek segar, tapi juga dapat membantu Anda menghindari perut kembung.

4. Mentimun
Buah berwarna hijau ini diketahui memiliki antioksidan flavonoid yang dapat membantu mengontrol pembengkakan.

5. Asparagus
Sayuran ini sudah dikenal sebagai makanan untuk mencegah perut kembung. Asparagus juga dapat membantu menghalau kelebihan air melalui urine, sehingga membantu Anda terhindar dari kembung.

6. Pisang
Buah hijau ini merupakan sumber yang kaya akan kalium. Buah berdaun besar memanjang ini dapat membantu Anda mencegah retensi air dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh. Pisang menjadi sumber serat yang kaya, juga memberikan bantuan dari sembelit.

7. Adas
Adas telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Andas dikenal dapat memabntu pencernaan, mengurangi spam gastro intestinal, sehingga dapat mencegah perut terasa kembung.

8. Yogurt
Makanan yang penuh akan bakteri baik ini, adalah makanan ajaib bagi perut. Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0692 seconds (0.1#10.140)